Home » Artikel » Alasan Memasang Logo Pada Barang Promosi Itu Penting

Alasan Memasang Logo Pada Barang Promosi Itu Penting

Menjalankan suatu bisnis baru memang bukan perkara mudah. Ada banyak faktor yang memengaruhi, seperti persaingan pasar yang kian ketat hingga perubahan teknologi terkini.

Ketatnya persaingan usaha menuntut para pelakunya untuk melakukan berbagai inovasi dan kreativitas di segala bidang demi kelancaran bisnis tersebut. Mengamati pasar, menilai potensi yang ada, hingga mengenali kompetitor merupakan hal wajib yang patut dilakukan sebelum menentukan strategi marketing paling tepat.

Logo adalah strategi menarik untuk branding

Sebenarnya, ada banyak strategi yang bisa diambil. Mulai dari red ocean strategy, blue ocean strategi, gen-y marketing, new waves marketing, dan lain sebagainya. Dikarenakan tiap pakar marketing dan bisnis memiliki pandangan serta acuan yang berbeda, maka cukup sulit bagi orang awam untuk memilah strategi apa yang paling tepat.

Namun, dari semua hal yang telah disebutkan di atas, strategi paling penting tapi seringnya dilupakan oleh sebagian besar perusahaan adalah peran logo pada kemasan produk. Hal ini terbukti dari banyaknya perusahaan yang tidak memiliki logo khusus untuk produk yang mereka pasarkan.

Sehebat apapun strategi marketing yang diterapkan, jika suatu perusahaan melupakan pentingnya sebuah logo, maka bisa dipastikan bisnisnya akan mengalami kesulitan. Pasalnya, logo adalah simbol pengingat produk bagi konsumen.

Contohnya, Anda ingin mempromosikan bisnis melalui beberapa benda yang dibagikan secara gratis kepada konsumen. Namun, Anda tidak memiliki logo untuk dicetak pada media promosi tersebut. Dengan demikian, sia-sia sudah usaha Anda untuk menciptakan branding perusahaan yang sedang dijalankan. 

Itulah sebabnya, banyak juga perusahaan yang telah menyadari pentingnya logo dalam kemasan produk untuk memudahkan pemasaran. Bahkan, mereka bersedia membayar mahal demi terciptanya sebuah logo yang mampu merepresentasikan visi misi perusahan sekaligus sebagai media promosi untuk mengenalkan brand mereka kepada konsumen.

Panduan memilih logo perusahaan yang tepat sebagai media promosi

Berikut ini empat panduan paling tepat bagi Anda, khususnya yang melakoni bisnis jual souvenir promosi perusahaan dalam memilih logo untuk ditempatkan pada kemasan produk. Dengan demikian, produk tersebut bisa lebih mudah diingat oleh konsumen.

#1. Mudah diingat

Perlu Anda ketahui, logo terbaik adalah yang dibuat sesuai pesan yang ingin disampaikan oleh produk tersebut sehingga membantu konsumen untuk mengingatnya. Namun, mudah diingat bukan berarti logo tersebut harus dibuat sesederhana mungkin.

Sebab, menurut penelitian yang dilakukan oleh Harvard Business Review, logo dengan bentuk simetris nan rumit jauh lebih mudah diterima dan diingat, sekaligus dianggap sebagai perusahaan yang terpercaya.

#2. Tampil beda dan jauh dari kesan yang sama seperti kompetitor

Setiap logo yang unik dan tampil beda bisa sangat membantu proses branding dan marketing dalam memenangkan pangsa pasar yang sedemikian ketat. Jangan pernah membuat logo yang mirip dengan logo perusahaan besar seperti yang banyak dilakukan oleh para pemilik perusahaan di Indonesia.

Sebab, hal tersebut bisa menurunkan kredibilitas perusahaan dan menandakan bahwa Anda adalah korban dari branding perusahaan lain. Percayalah, memiliki logo yang nyaris sama dengan perusahaan kompetitor bukanlah sesuatu yang pantas dibanggakan.

#3. Logo harus bersifat abadi

Jangan pernah mengikuti arus tren ketika ingin menciptakan suatu logo untuk perusahaan. Pasalnya, belum tentu tren tersebut sesuai dengan visi dan misi perusahaan Anda. Salah satu tren yang sempat heboh adalah tren go green yang banyak memakan korban pada sektor logo.

Tren ini membuat banyak perusahaan menggunakan warna hijau dan simbol daun pada logo perusahaan mereka, padahal visi dan misinya tak terkait dengan lingkungan hidup.

#4. Mudah diaplikasikan pada media yang digunakan untuk kemasan produk

Umumnya, logo perusahaan akan diaplikasikan pada kemasan produk ataupun barang-barang promosi, seperti misalnya souvenir tumbler, tas, payung, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, logo harus bisa dicetak dalam berbagai format ukuran dan jenis kemasan. Anda juga perlu memperhatikan desain dan warna yang digunakan pada logo tersebut agar selalu terlihat elegan dan menarik diberbagai media.

Berdasarkan informasi di atas, bisa kita ketahui betapa pentingnya logo pada kemasan produk ataupun produk itu sendiri dalam memenagkan persaingan merebut pangsa pasar. Selain itu, logo juga berperan besar dalam melakukan proses branding yang berkelanjutan dari perusahaan.

Artikel terkait :
Gurihnya Bisnis Souvenir Barang Promosi