Home » Artikel » Langkah Menaikkan Brand Awareness Memakai Barang Promosi

Langkah Menaikkan Brand Awareness Memakai Barang Promosi

Pernahkah Anda menyebut suatu barang dengan nama brand? Misalnya Anda ingin membeli air mineral, dan menanyakan kepada penjual “mbak Aqua satu” atau “saya mau beli Royco, apakah ada?”. Nah sebagian besar masyarakat Indonesia lebih akrab dengan nama-nama brand yang sudah terkenal dan karena saking terkenalnya, nama brand dijadikan nama sebuah benda. Padahal Aqua adalah brand untuk air mineral dalam kemasan, sedangkan Royco adalah bumbu penyedap rasa.

Memang ada sebagian orang juga yang menyebut barang tanpa menggunakan brand atau merek. Inilah yang disebut dengan brand awareness, yang dimana orang-orang lebih sering menyebut brand dibandingkan dengan nama benda. Bukan hanya keperluan sehari-hari saja, karena barang-barang seperti tumbler souvenir juga saat ini ada begitu banyak brand, sehinga beberapa orang menyebut nama brand dibandingkan nama benda atau souvenir tumbler.

Langkah Menaikkan Brand Awareness

Langkah Menaikkan Brand Awareness Memakai Barang Promosi

Sebenarnya brand awareness merupakan rasa familiar yang dimiliki oleh pelanggan atas sebuah barang/produk atau jasa. Untuk Anda yang belum mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk menaikkan brand awareness ini, mari kita ketahui cara-caranya berikut:

#1. Manfaatkan Sosial Media
Cara yang pertama ini bisa Anda lakukan dengan memakai barang seperti souvenir barang promosi yang memang saat ini sudah banyak pengusaha menggunakan souvenir demi meningkatkan penjualan mereka dan agar dikenal masyarakat luas. Manfaatkanlah sosial media sebaik mungkin untuk memperkenalkan brand yang Anda miliki.

Karena dengan media sosial, pastinya sebuah brand bisa dengan mudah berinteraksi dengan para konsumen baik yang di media sosial atau secara langsung. Untuk menaikkan brand awareness, Anda perlu menggunakan media sosial yang aktif dan jangan lupa untuk mencari followers sebanyak mungkin.

#2. Content Marketing
Buatlah konten marketing yang menarik para pembaca. Anda bisa menggunakan judul yang bisa membuat orang-orang penasaran dan akhirnya akan membuat artikel Anda di lihat. Gunakan barang promosi yang Anda inginkan, ulas dengan jelas barang tersebut dan berikan review singkat. Sebaiknya hindari penulisan yang terlalu panjang karena akan membuat pembaca cepat bosan. Gunakanlah kalimat yang tidak terlalu panjang, padat dan jelas.

#3. Video Marketing
Cara ini memang sudah terbukti ampuh untuk menaikkan brand awareness. Jangan ragu membuat video marketing untuk souvenir barang promosi ataupun produk lainnya yang Anda inginkan. Untuk video marketing ini Anda bisa memanfaatkan Live Facebook ataupun YouTube. Banyak sekali orang yang menggunakan waktu luangnya untuk melihat berbagai video marketing.

#4. Influencer Marketing
Semakin kesini memang banyak sekali influencer, baik dari YouTube, Instagram, blog, Twitter dan lain sebagainya. Influencer ini pastinya memiliki banyak followers di media sosial sehingga bisa “mempengaruhi” para followersnya untuk mengenali, membeli ataupun hanya mencoba produk yang mereka promosikan.

#5. Event Marketing
Event marketing memang salah satu cara untuk menaikkan brand awareness dan pastinya membutuhkan budget yang tidak sedikit. Tapi jika Anda memang memiliki budget lebih, jangan ragu untuk mengadakan live event agar orang-orang bisa lebih mengenal produk yang Anda jual.

#6. Sponsorship
Anda juga bisa menjadi sponsor dalam sebuah event agar bisa menaikkan brand awareness. Tapi yang perlu diperhatikan, sebaiknya Anda perlu mencocokkan event apa yang diadakan, karena akan sangat buruk akibatnya jika Anda menjadi sponsor pada suatu event yang tidak berkaitan dengan produk yang Anda jual.

#7. Merchandise
Saat Anda mengadakan event, jangan ragu untuk memberikan merchandise sebagai ucapan terimakasih. Berikan merchandise dari produk yang Anda jual atau berbagai souvenir dengan memberikan sentuhan logo nama brand Anda.

Memang tidak mudah untuk menaikkan brand awareness, tapi jika Anda terus berusaha untuk memperkenalkan suatu brand maka masyarakat pun akan lebih cepat mengenal brand yang Anda miliki.

Artikel lainnya :
Fungsi Tumbler Selain Untuk Tempat Minum