Home » Artikel » Cara Mendesain Barang Promosi Supaya Menarik

Cara Mendesain Barang Promosi Supaya Menarik

Mengapa desain barang promosi harus menarik? Karena kebanyakan orang akan membeli sebuah produk atau barang dilihat dari kemasan atau bentuknya terlebih dahulu. Ya, seperti yang kita ketahui, kemasan dan bentuk menjadi faktor yang paling utama untuk menarik minat pembeli. Barang yang cantik dan sangat ‘enak’ dipandang memang menjadi cara yang paling jitu. Jadi tidak heran semakin kesini para produsen mendesain barang semenarik mungkin seperti souvenir barang promosi.

Cara Mendesain Barang Promosi

Cara Mendesain Barang Promosi Supaya Menarik

Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan agar barang promosi bisa menjadi lebih menarik perhatian, diantaranya sebagai berikut:

#1. Menggunakan Warna yang Tepat

Hampir 90% pembeli souvenir, seperti souvenir tumbler memang membeli karena warnanya. Jadi tidak heran kalau pemilihan warna yang tepat memang sangat mempengaruhi minat beli konsumen. Pemilihan warna juga sebaiknya jangan asal, karena setiap warna memiliki arti tersendiri, seperti:

  • Warna merah melambangkan kekuatan, hasrat dan juga cinta
  • Warna kuning melambangkan kebahagiaan dan energi
  • Warna oranye melambangkan kehangatan, tekad yang kuat dan rasa senang
  • Warna hijau melambangkan kesegaran, uang dan alam
  • Warna biru melambangkan maskulinitas, otoritas dan perdamaian
  • Warna ungu melambangkan royalti, kreativitas dan misteri
  • Warna pink atau merah muda melambangkan feminin dan keramahan

#2. Memilih Bentuk Kemasan yang Menarik dan Sesuai

Bukan hanya warna, tapi bentuk kemasan juga dapat mempengaruhi seseorang untuk membeli suatu barang. Selama ini apakah Anda pernah memperhatikan kemasan untuk barang yang ditujukan untuk pria bentuknya seperti kotak atau persegi panjang? Sedangkan untuk wanita bentuk kemasan terlihat lebih melengkung.

Hal tersebut dilakukan agar barang yang dijual bisa sesuai dengan target. Tapi jika Anda masih ragu untuk membuat bentuk kemasan barang agar bisa bersaing, Anda dapat menggunakan desainer bentuk kemasan yang sudah berpengalaman di bidangnya. Apalagi untuk membuat souvenir tumbler, pastinya bentuk yang unik akan menjadi pilihan utama bukan?

#3. Buat Agar Mudah Dipahami

Pernahkah Anda melihat desain barang yang terkesan rumit sehingga menyulitkan Anda dalam mengerti fungsi dari barang itu sendiri? Jika iya, maka Anda perlu menghindari desain barang yang rumit seperti itu. Karena pembeli merasa kurang tertarik dan bahkan beralih ke barang dari brand lainnya.

Maka dari itu sangat penting untuk membuat desain barang yang mudah dimengerti dan pastinya tidak rumit. Buatlah desain yang membuat calon pembeli memahaminya hanya dengan melihat kemasan dalam beberapa detik saja.

#4. Gunakanlah Kalimat yang Sederhana

Dan cara terakhir yang bisa Anda lakukan agar membuat desain barang yang menarik adalah menggunakan kalimat yang sederhana agar lebih mudah dipahami. Misalnya saja pada souvenir barang promosi, maka sebaiknya hanya menggunakan slogan sederhana, nama brand, ataupun kata-kata persuasif.

Tapi Anda juga perlu menghindari kata-kata alay, singkatan-singkatan aneh ataupun kata-kata yang kekinian karena tidak semua orang dapat mengerti dan bahkan membuat calon pembeli merasa kebingungan. Sebaiknya Anda hanya menggunakan gaya bahasa yang sederhana tapi mudah dimengerti oleh semua orang.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mendesain barang promosi supaya menarik minat para calon pembeli. Selain itu dengan mendesain barang yang menarik pastinya akan mendatangkan keuntungan juga untuk perusahaan. Jika Anda baru dalam dunia bisnis, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke seseorang yang sudah berpengalaman ya, selamat mencoba!

Artikel Terkait :
Langkah Menaikkan Brand Awareness Memakai Barang Promosi